Apa itu Processor ( Komputer ) Dan Fungsinya ?




Hay sob , kembali lagi sama author . 

hmm , kali ini kita akan membahas apa ya (?) . 

saya akan membahas otak dari komputer agar bisa bekerja dengan stabil dan tanpa hambatan . Sebagian mungkin tahu apa itu Processor (?) .


Tapi , tidak tahu bagaimana sejarahnya processor ini dibuat dan mungkin penjelasannya tidak terperinci atau sangat singkat ya . 

Processor ini sekarang sangat hebat sudah bisa dipakai di handphone / smartphone sekarang ya sob . inilah perkembangan teknologi sekarang .

Ok , kembali lagi ke topik . Apa itu Processor (?)

Processor atau Prosesor dalam bahasa indonesia nya adalah sebuah bagian yang paling vital . Selain sebuah alat atau komponen yang paling vital Processor atau otaknya komputer ini adalah sebuah IC yang mengontrol atau mengendalikan keseluruhan jalannya sebuah sistem yang terdapat di dalam komputer agar semua stabil dan terkendali . 

Bagaimana sudah tahu kan ? . jadi tanpa processor ini apakah komputer bisa berjalan dengan baik ? Tidak , karena tanpa adanya processor ini . Mungkin saja hal - hal yang terjadi bisa terjadi mungkin pengaturan dari sebuah IC yang terdapat di motherboard tidak terkendali

Terus apa saja bagian - bagian dari Processor ini ?


  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  • Control Unit (CU)   :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.


Setelah itu mungkin segelintir yang awam tidak mengetahui . Apa Fungsi Processor secara detail ?

Fungsi Processor secara umumnya adalah hanya untuk memproses data - data dari masukkan atau istilahnya di Input . Kemudian akan menghasilkan berupa keluaran atau istilahnya output

Jadi kesimpulannya begini . Bahwa sebenarnya Processor itu tidak dapat bekerja sendiri . Processor juga membutuhkan dukungan seperti Harddisk dan RAM , dsb . Dalam memproses data - data dapat dilakukan dengan waktu yang cepat atau lambat tergantung spesifikasi Processor itu sendiri . 

Seorang Penulis Blog yang tidak pernah lelah untuk berbagi pengalaman dan ilmu

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Processor ( Komputer ) Dan Fungsinya ? "

Posting Komentar