Apa Perbedaan Bridge Dan Router ?

Hey Sob kembali lagi sama ane nih author . jangan bosan – bosan ya main ke web ini . Kali ini , saya akan membahas artikel – artikel sebelumnya . Tapi kali ini berbeda . Kita akan membedakan artikel yang satu dengan yang satunya lagi yang masih di lingkup web saya tentunya . Yaitu saya akan membahas artikel yang sebelumnya tentang bridge dan router . apa yang saya bahas kali ini (?) . Ya benar , saya akan membahas apa perbedaan bridge dan router . ya langsung cekidot gan .




ROUTER

Pertama , anda sudah tau kan router untuk apa (?) . Yap menghubungkan dua jaringan dengan IP yang berbeda dan di era modern ini router juga bisa menggabungkan dua buah media yang berbeda . Bukan hanya itu saja sekarang di era modern ini router bisa seperti switch maupun hub tapi router ini hanya memiliki slot LAN yang terbatas sob . Dan antena WiFi nya tidak terlalu cepat dibandingkan access point . mungkin belum ada yang tahu apa itu access point (?) . access point akan dibahas di artikel yang akan datang ya sob . nah , kembali ke topik .
Kedua , Jadi Router ini memiliki kelebihan dan kelemahan . Ya , cekidot sob :
Kelebihan Router :
  • Router mengenali ip address, sehingga setiap paket yang masuk hanya akan di teruskan ke jaringan yang dituju tanpa harus disalin ke semua port yang ada
  • Router dapat menentukan jalur tercepat untuk sempai ke tujuan.
  • Router dapat digunakan pada topologi jaringan apapun

Kelemahan :
  •      Menurut ane nih ya , router yang lebih bagus itu harganya jauh lebih mahal di dalam jaringan komputer
  •       Dan router bergantung hanya pada protokol yang digunakan


Bridge

Pertama , anda sudah tahu kan apa itu bridge (?) . Di artikel sebelumnya saya sudah membahasnya sob . Dan menurut saya sekarang bridge itu kayaknya sudah langka bahkan sudah menyambung jadi satu dalam ahli fungsi di router tsb sob . Itu menurut saya , jadi tidak terlalu banyak atau istilahnya sudah jarang lah kita melihat itu bridge kaya gimana (?) . Tapi , Gapapa kalau misalnya saja bridge itu sudah langka agar kita tahu bahwa dulu barang langka tersebut ada gunanya , hehe .

Kedua , nah selain mempunyai pengertian yang secara harfiah saya juga mempunyai beberapa referensi tentang kelebihan dan kelemahan bridge ini , sob . Yak , langsung cekidot :
Kelebihan Bridge :
  •       Sama mirip halnya router , bridge mempermudah monitoring sebuah jaringan
  •      Sama mirip halnya router juga nih , bridge dapat mengamankan data sebuah organisasi , komunitas maupun perusahaan sob
  •       Menghemat biaya operasional

Kelemahan :
  •       Fiturnya kebanyakan hanya pada konektivitas LAN nih , sob .
  •      Dan Fitur – Fitur dari bridge ini tidak selengkap alat jaringan yang satu ini yaitu Router .
Yak , hanya ini yang saya bisa sharing ilmu saya kepada anda . Bagi para mastah ataupun para teknisi yang membaca artikel ini . Sekali lagi saya mohon maaf saya hanya mengambil beberapa referensi dari artikel , buku dan Guru . yak terima kasih atas kunjungannya . jangan lupa komen ya , sob . Untuk bahan saran blog kedepan saya nanti . Terima Kasih 

Seorang Penulis Blog yang tidak pernah lelah untuk berbagi pengalaman dan ilmu

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Perbedaan Bridge Dan Router ?"

Posting Komentar