Macam - Macam Dari GUI Dan CLI

Hai guys , kembali lagi sama author 


Saya akan membahas dari artikel sebelumnya . Mungkin , ada yang tidak tahu dengan pengertiannya . Lebih baik baca artikel sebelumnya : Apa Pengertian GUI Dan CLI ?


Di era modern ini banyak sekali macam - macam dari dua jenis interface sistem operasi yaitu GUI ( Graphical User Interface ) dan CLI ( Command  Line Interface ) . Bahkan dua jenis interface sistem operasi ini sudah semakin canggih dan maju . Semakin dari tahun ke tahun mungkin akan ada yang lebih baru dari macam - macam kedua jenis interface ini . Seperti , zaman sekarang ini sudah banyak sekali yang maju bahkan desain untuk GUI lebih apik dan bagus . Dan CLI sudah banyak sekali yang mengontrol dan mengendalikan komputer menjadi lebih baik lagi .


Ya , langsung saja kita cekidot .

Macam - Macam 


  • GUI ( Graphical User Interface )

Xerox Alto 


Xerox Alto , adalah antarmuka GUI pertama yang dikembangkan oleh para peniliti di Xerox Palo Alto Research Center ( PARC ) di era tahun 70-an . Komputer pribadi ( Personal Computer ) pertma yang menggunakan operasi sistem berbasis GUI yang dikembangkan tahun 1973 . Sistem ini juga bukan sebagai produk komersial dan bertujuan digunakan untuk penelitian di Universitas

Windows NT 3.51
Windows NT 3.51 , adalah operasi sistem berbasis GUI besutan Windows ini .  Versi ketiga sistem operasi Microsoft Windows NT yang dirilis oleh Microsoft pada tanggal 30 Mei 1995, sembilan bulan setelah dirilisnya Windows NT 3.50. Rilis ini menawarkan dua fitur utama, yakni NT 3.51 merupakan versi pertama kali dari Windows NT yang mendukung arsitektur CPU IBM PowerPC, dan dukungan terhadap interoperabilitas dengan sistem operasi Windows 95, yang dirilis tiga bulan setelah NT 3.51. Windows NT 4.0 pun dirilis satu tahun kemudian, dan hingga tanggal 31 Desember 2001 Microsoft terus mendukungnya. Windows NT 3.51 juga mendukung Intel x86, MIPS, dan DEC Alpha, selain tentunya IBM PowerPC yang menjadi highlight utamanya.

Windows 7 

Windows 7 , Operation System dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup

" Selain Windows 7 masih banyak sekali Sistem Operasi besutan Microsoft yang menggunakan antarmuka GUI ini . jadi untuk macam - macam GUI kemungkinan semua Sistem Operasi besutan Microsoft menggunakan antarmuka GUI . Karena Microsoft ingin sekali memudahkan pengguna / pemakai sistem operasi besutannya . "

  • CLI ( Command Line Interface )



MS-DOS 
MS-DOS , Sistem Operasi yang mempunyai singkatan dari Microsoft Disk Operating System . MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia

UNIX

UNIX Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user.
LINUX DEBIAN 

LINUX DEBIANLinux Debian adalah sistem operasi yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi GNU.Debian GNU/Linux Memuat perkakas sistem organisasi GNU dan kernel linux merupakan distribusi Linux popmuler dan berpengaruh.Debian distribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk di instalisasi dan digunakan.

Sebenarnya banyak sekali macam - macam GUI dan CLI ini . Sekian dari saya terima kasih sudah membaca . Jangan lupa balik lagi ya dan blogwalking .

Seorang Penulis Blog yang tidak pernah lelah untuk berbagi pengalaman dan ilmu

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam - Macam Dari GUI Dan CLI"

Posting Komentar